top of page

Blog Post

  • Writer's picturezuhrufi

Uniknya Sate Maranggi Lezat dengan Saus Oncom dan Ketan Bakar



Artikel ini telah tayang di sini. Reportase Zuhrufi Latifah

Mahasiswi Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang SATE maranggi, sate khas Purwakarta ini terasa unik karena dihidangankan tanpa saus kacang seperti sate pada umumnya.


Bahan utama sate maranggi adalah daging sapi, namun ada juga yang menjual sate maranggi berbahan dasar daging kambing atau ayam. Yang membuat sate ini berbeda adalah proses pemasakan sate itu sendiri. Sebelum siap dibakar, daging sate direndam dahulu dalam bumbu rempah-rempah.


Karena sudah berbumbu sebelum dibakar itulah, maka sate maranggi tidak perlu lagi dihidangkan dengan saus kacang karena rasanya sudah sangat terasa manis, legit, dan sedapnya. Alih-alih saus kacang, disediakan sambal oncom sebagai pelengkap hidangan sate maranggi ini. Selain itu, di samping nasi, ada pula ketan bakar sebagai menu pelengkap untuk menikmati sate maranggi.


Ketika mencoba sate ini di salah satu tempat makan yang khusus menjual sate maranggi di cabang daerah Cianjur, ada dua macam sate maranggi yang ditawarkan. Sate maranggi daging sapi dengan lemak dan tanpa lemak. Harganya pun cukup terjangkau dan sebanding dengan kelezatan yang ditawarkannya, yakni sekitar Rp3.000,00 per tusuk. Sedangkan untuk minuman, tidak perlu lagi bimbang harus memilih menu apa karena pelanggan akan disediakan teh khas Jawa Barat, secara cuma-cuma.


Selamat berburu sate maranggi, dan jangan lupa bersiap merindukan kelezatannya jika sudah sampai di rumah! Artikel ini telah tayang di surya.co.id dengan judul Uniknya Sate Maranggi Lezat dengan Saus Oncom dan Ketan Bakar, https://surabaya.tribunnews.com/2017/02/02/uniknya-sate-maranggi-lezat-dengan-saus-oncom-dan-ketan-bakar. Editor: Tri Hatma Ningsih

12 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page